Baby Hello Kitty

Selasa, 28 Maret 2017

BAB I MENGENAL INTERNET


1.        Internet
a. Pengertian Internet
Internet, merupakan singkatan dari Interconnected-Networking, adalah sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai situs. Internet dapat diartikan juga sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia atau kumpulan komputer yang terhubung satu dengan lain
Layanan Internet meliputi komunikasi langsung, diskusi, sumber daya infornasi, remote login, dan lalu lint as file
Jaringan yang membentuk Internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang dikenal sebagai TCP/ICP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini dapat terhubung dengan berbagai komputer.
b. Sejarah Internet
Pada tahun 1960-an, Departemen Amerika memulai penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi. Komputer tersebut diharapkan dapat saling berkomunikasi. Lalu dimulailah program riset komputer ARPA (Advanced Research Projects Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.
Tiga tahun kemudian, jaringan tersebut berhasil dibuat dan disebut dengan ARPANET. ARPANET pertama kali online pada tahun 1969. Proyek ini awalnya dibangun untuk keperluan militer. Namun ternyata ARPANET berkembang pesat, sehingga yang awalnya hanya menghubungkan komputer-komputer di berbagai universitas di bagian barat daya AS, kini banyak universitas dari bagian lain ikut bergabung. Itulah sebabnya ARPANET dipecah menjadi 2, yaitu MILNET (untuk keperluan militer) dan ARPANET (untuk keperluan non-militer)
Setelah ARPANET resmi ditutup, dikembangkan aplikasi browsing lain yang juga berusaha untuk mengembangkan internet.
Dan seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, internet mulai menyebar ke seluruh wilayah di dunia sampai sekarang

2.        Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

3.        Aplikasi Internet
a. World Wide Web (WWW)
WWW,atau sering disingkat menjadi web, adalah sebuah sistem berisi informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah Internet web server dipresentasikan dalam bentuk hypertext. WWW dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang sering disebut sebagai browser serta merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan paling penting. WWW dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML). Penemunya yaitu Tim Berners Lee
b. Electronic Mail (E-Mail)
Merupakan aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di Internet. Suatu mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya
c. Mailing List (Milis)
Sebuah grup diskusi di mana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Fungsinya yaitu :
- sebagai sarana diskusi dalam satu kelompok melalui e-mail
- sebagai tempat berbagi ilmu dan informasi antar anggotanya.
d. Newsgroup
Digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.
e. Internet Relay Chat (IRC)
Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk chatting. Penemunya yaitu Jarkko Oikarinen.
f. File Transfer Protocol (FTP)
Berfungsi untuk mengirimkan atau mengambil file ke/dari komputer lain.

g. Telnet
Berfungsi untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.
h. Gopher
Aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.
i. Ping (Packet Internet Gopher)
Digunakan untuk mengetahui apakah komputer kita terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet.
j. Voice Over Internet Protokol
                Adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data suara dikirimkan melalui internet (internet protocol).

4.        Kegunaan Internet
a. E-Commerce
Perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekominikasi terutama internet. Internet memungkinkan orang yang berjarak jauh dapat berkomunikasi dengan biaya yang murah. Baik produsen maupun konsumen diberikan banyak keuntungan melalui cara perdagangan yang canggih ini.
b. Internet Banking
 Dikenal juga dengan nama Electronic Banking, Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking. Ini merupakan aktifitas perbankan dengan memanfaatkan internet. Dengan begini nasabah bank tidak perlu lagi datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi.
c. Belajar Jarak Jauh
Sistem belajar ini sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada, akan tetapi, dengan adanya internet tentu sistim ini jadi lebih mudah dan murah diterapkan. Internet memungkinkan orang berdiskusi dengan orang lain sehingga muncul komunikasi seperti seorang siswa dengan guru. Agar internet dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar jarak jauh yang efektif, harus memenuhi fakor seperti adanya institusi penyelenggara, pengajar, murid, dan teknologi.
d. Sumber Informasi
e. Media Komunikasi
f.  Social Networking

5.        Dampak Negatif  Internet
a. Spamming
Hal yang umum yang menjadi salah satu kekurangan internet adalah tentang spamming, yaitu distribusi e-mail dalam jumlah besar dan yang tidak diminta.
b. Pencurian Data atau Informasi Pribadi
Dampak negatif internet lainnya adalah pencurian informasi pribadi yang kemungkinan tinggi terjadi di ranah internet. Berbagai informasi pribadi seperti KTP, Kartu Kredit dan lain sebagainya dapat diakses seseorang yang ingin berniat jahat, dan informasi tersebut digunakan untuk tujuan penipuan.
c. Pornografi
Tidaklah salah jika internet dikaitkan dengan hal-hal berbau pornografi, baik berupa gambar, video, maupun tulisan. Media internet memberikan peluang bagi seseorang untuk melihat,  mengunduh, serta memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi serta role playing  untuk orang dewasa pun semakin marak.
d. Penyebaran Virus
Penyebaran virus juga menjadi salah satu sisi kelemahan dari internet. Komputer yang terhubung ke Internet berpotensi tinggi terhadap serangan virus.
e. Perjudian
Perjudian melalui internet ini dikenal dengan istilah net gaming. Net gaming
merupakan sebuah keadaan yang sejenis dengan kecanduan judi. Misalnya, bermain game ,  berbelanja. Bahkan, melakukan kegiatan jual beli saham lewat internet yang mengganggu  pekerjaan serta mengakibatkan kerugian yang menggiring orang bersangkutan pada cengkraman utang.
f. Kekejaman dan Kesadisan (Violence and Gore)
Kekompleksan informasi di internet membuat beberapa situs menampilkan segala  bentuk kekejaman dan kesadisan untuk menjual situs bersangkutan. Hal-hal bersifat tabu memang menjadi salah satu cara yang bisa menaikkan pamor situs tersebut.

g. Penipuan
Internet menjadi salah satu sasaran para penipu untuk melancarkan aksinya. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mengabaikan informasi ter tentu yang dianggap memiliki unsur
penipuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar